RSS

Tips dan Langkah Menulis di Blog

Anda yang baru memiliki sebuah blog pasti pernah merasa bagaimana sulitnya mencurahkan pikiran melalui tulisan Anda di blog. Menulis memang butuh sedikit keahlian, dan keahlian itu bisa Anda dapatkan melalui kebiasaan menulis. Memang sebuah keharusan seorang pemilih blog dapat menuangkan isi pikirannya melalui tulisan. Bagaimana mungkin kita mempunyai sebuah blog namun kita tidak dapat menulis??
Saya akan memberikan beberapa tips serta langkah yang semoga saja dapat membuat Anda lebih pandai lagi dalam menulis.
 
  • Menentukan Topik
    Langkah pertama Anda untuk membuat tulisan adalah menentukan topik. Carilah topik yang terpanas saat ini. Anda dapat mencarinya di media cetak maupun di Internet, atau Anda coba kunjungi Detik.com untuk berita-berita terkini. Anda dapat menemukan inspirasi dari sana karena penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Namun Anda juga harus mengingat untuk tidak memilih topik yang tidak Anda kuasa
  • Membuat Judul
    Inilah saatnya Anda harus pandai-pandai dalam memilih judul yang tepat karena setiap pembaca yang berkunjung ke blog Anda pertama mereka akan melihat judul tulisan Anda sebelum memutuskan untuk membaca lebih lengkap. Anda harus membuat judul yang semenarik mungkin, misalnya “10 Langkah Menjadi Jutawan”. Dengan begitu kemungkinan pengunjung blog Anda semakan tertarik membaca artikel Anda.
  • Membuat Kerangka Tulisan
    Dengan menulis kerangka tulisan, berarti Anda sudah menyelesaikan setengah dari pekerjaan Anda. Kerangka tulisan akan sangat membantu Anda dalam perencanaan tulisan Anda dan membatasi apa yang akan Anda tulis. Hal ini juga membuat Anda semakan fokus kepada apa yang akan Anda tulis. Miasalnya Anda akan menulis tentang “kegunaan seks bagi kesehatan” tetapi malah yang di bahas “langkah membuat blog”, tidak nyambung bukan ?
  • Isi Tulisan
    Yang paling penting Anda perhatikan adalah isi dari tulisan Anda. Usakan gunakan yang sopan dan logis. Hal tersebuat membuat pengunjung bersemangat membaca tulisan di blog Anda
  • Buatlah Kesimpulan
    Sebaiknya di akhir tulisan Anda, diberi sedikit kesimpulan mengenai tulisan yang Anda buat.
Dalam menulis, tidak hanya membutuhkan kerja yang keras tetapi Anda juga harus bekerja pintar. Dengan begitu bila Anda memang tidak memiliki bakat untuk menulis tetapi terus berusaha untuk belajar, maka Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan dari menulis. Apa Anda sudah merasa bersemangat untuk memulai menulis di blog??
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar